Minggu, 21 Desember 2008

JADIKAN PERJALANAN HIDUP ANDA BERSEJARAH

Anda mempunyai kesempatan dua puluh empat jam untuk menjalankan kehidupan sehari seperti belum pernah Anda jalankan-sama sekali unik dan terpisah dan berbeda dari hari-hari lain. Dipenuhi dengan potensi dan kemungkinan, Allah memberi keduapuluh empat jam itu kepada Anda untuk menginvestasikan kesempatan kekal berharga seribu tahun. Joni Earickson Tada

Menjalani kehidupan terbaik adalah impian setiap orang. Namun kelihatannya, sebagian besar manusia senang membiarkan hidupnya mengalir begitu saja. Hanya sedikit yang berani memutuskan apa yang akan terjadi di dalam kehidupan mereka. Kalaupun membuat keputusan itu pun karena adanya desakan-desakan orang-orang sekitar, dan bukan akibat kesadaran diri menanggapi seriusnya masa depan. Apalagi, jika perjalanan hidup dipenuhi pengalaman pahit, kesukaran, kegagalan bahkan kelamnya kabut harapan sehingga semuanya membuat tertutup pintu masa depan. Membuat seseorang diselimuti tebalnya keraguan dengan melepaskan diri mengharapkan alternatif. Hal-hal penting dengan segera menjadi pudar, tergantikan dengan kepuasan akibat pemenuhan terhadap standar-standar tertentu.

Menikmati Perjalanan Anda
Pemandangan lama terhadap hidup yang digerakkan ketakutan menjadi penuntun kuat dan pemandangan tersulit untuk dihilangkan. Banyak orang berusaha bertahan hidup tetapi membiarkan diri larut dalam bayang-bayang kekelaman yang mengarah pada kefasikan. Tegasnya, tidak menikmati perjalanan hidup yang sesungguhnya. Tahu Sorga tetapi tidak menikmati perjalanan ke Sorga.
Dewasa ini, berapa banyak anak-anak Tuhan, pemimpin organisasi Kristen, keluarga Kristen bahkan hamba-hamba Tuhan yang melayani umat sedang melangkah menuju perhentian mematikan akibat terpusingkan masalah hidup serta kebosanan internal yang berlangsung tanpa henti. Sehingga harapan untuk menatap masa depan yang menjanjikan dan berkekuatan menjadi tidak digubris.
Hal ini tentu mengisahkan kisah sedih dengan berbagai pertanyaan serta kecaman yang ditimbulkan akibat pergulatan kisah yang semakin meningkat menjadi tak terbendung lagi. Mengapa gereja menjadi lesu? Orang Percaya menjadi tidak antusias? Keluarga menjadi tidak bahagia dan harapan menjadi mati? Mati mata pencaharianku, mati masa depanku!

Terganggu dalam Perjalanan
Ketakutan mereka dinilai sebagai kewajaran karena umum dilakukan sebagian manusia. Kualitas terbaik dari hidup yang dijalani tidak tertampil dengan baik, terkalahkan besarnya keraguan hidup. Sehingga keengganan terlihat lebih tebal dibanding keseriusan dalam berkarya. Ketidakaktifan menonjol dibanding kemauan kuat menghasilkan manfaat bagi sesama.
Parahnya lagi, mereka membiarkan diri tercebur dalam keruhnya kubangan masalah sehingga berakhir tanpa jalan keluar, memilih menjalani kehidupan dengan keputusasaan berkepanjangan sehingga tidak bereaksi terhadap gejolak himpitan hidup, tidak menuntut terbaik dari kesempatan, digirangkan hanya dengan pencapaian rata-rata dari kemampuan mereka yang sebenarnya tidak biasa - semuanya itu menggantikan ketertarikan untuk mencapai lebih dengan kesungguhan yang tidak biasa. Sehingga pembeda sesungguhnya dari hidup menjadi tidak nampak dan berhenti menarik perhatian sekitar.
Sebagai umat Allah, kerinduan hati-Nya adalah menjadikan kita pembeda yang siap tampil bermanfaat, menjadi berkat dan menguntungkan bagi sesama. Lewat apa yang ada - terlebih hidup yang dijalani dengan baik-kita memaknainya dengan tidak melewatkan setiap kesempatan baik dan berharga yang hadir dalam perjalanan hidup kita. Karena setiap pribadi dipanggil untuk menjadi berguna dengan bermanfat bagi sesama. Mampu menghadirkan perubahan nyata pada kelambanan dari kecintaan terhadap hidup.
Sekarang, tiba saatnya melakukan sesuatu dengan hidup Anda. Termasuk masalah yang datang dalam kehidupan Anda. Daripada hanya membiarkannya dengan bekas-bekas yang ada di dalamnya, Anda dapat mengubah masalah itu menjadi peninggalan bersejarah bagi sesama. Dengan demikian Anda dapat memastikan menikmati perjalanan hidup Anda. Dan, sambil memastikan perjalanan Anda sedang tidak terganggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar